Jan 30, 2018

Coutinho Mencari Ilmu Hitam di Barcelona

Coutinho akhirnya merapat ke Barcelona dengan mahar setinggi langit. gelandang asal liverpool itu resmi diperkenalkan kepada suporter Barcelona di Stadion Camp Nou pada Senin (8/1/2018).

Pemain termahal kedua di dunia

Manajemen Blaugrana telah mengonfirmasi transfer tersebut lewat media sosial dan situs resmi. Pembelian Coutinho dari Liverpool dengan nilai transfer sebesar mencapai 160 juta euro (itu setara Rp 2,58 triliun). Ini membuat Coutinho resmi menjadi pemain termahal kedua di dunia setelah Neymar yang diboyong Paris Saint-Germain dari FC Barcelona pada awal 2017-2018 dengan harga 222 juta euro (sekitar Rp 3,6 triliun).

Coutinho telah menandatangani kontrak berdurasi 5,5 tahun bersama Barcelona dengan mencantumkan klausul pelepasan sebesar 400 juta euro (sekitar Rp 6,45 triliun). 

Terkait rampungnya proses transfer ke Barcelona, Coutinho merasa bahagia.
"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada presiden klub dan semua pihak yang telah memungkinkan transfer ini," tutur Coutinho.

"Saya sangat senang. Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan dan saya berharap bisa segera tampil di lapangan," ujar mantan pemain Inter Milan tersebut.

Transfer Gila oleh Bartomeu 

Sementara itu, Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, juga menyatakan gembira karena telah berhasil merekrut pemain berusia 25 tahun itu ke Camp Nou.

"Dia (Coutinho) memiliki kemampuan teknis dan visi dalam bermain sepak bola sehingga membuat dirinya sangat memungkinkan untuk bermain di lini tengah kami," tulis pernyataan El Barca.. 

Bartomeu mengklaim bahwa Barca mengalahkan persaingan dari klub lain karena Coutinho memang menginginkan membela klub yang kini dilatih oleh Ernesto Valverde itu.

"Kami sangat gembira para penggemar dapat bertemu Philippe Coutinho, pemain yang telah kami coba miliki sejak musim panas lalu," ucap Bartomeu.

"Philippe Coutinho senang datang ke sini. Dia adalah salah satu tujuan kami dan kesabarannya sangat menentukan dalam kedatangannya ke sini. Dia adalah salah satu bintang sepak bola dunia dan dia akan berada di sini selama bertahun-tahun," ujarnya.

"Ada klub lain yang tertarik dengan Coutinho, tetapi dia sangat ingin bergabung dengan proyek Ernesto Valverde. Kami telah mengambil langkah yang sangat penting. Saya pun ingin berterima kasih kepada Liverpool karena telah membiarkan Coutinho bergabung ke Barcelona," tuturnya. 
Dalam kesempatan itu, Coutinho juga mengaku bangga bisa tergabung dalam skuad Barcelona yang dihuni sejumlah pesepak bola papan atas dunia.

Coutinho Memilih Barca, karena banyak idola favoritnya!?

Coutinho pun akan memanfaatkan hal tersebut untuk belajar lebih banyak lagi demi kariernya sebagai pesepak bola profesional.

"Sunguh luar biasa bahwa saya akan bersama para idola, dengan pemain yang menorehkan sejarah luar biasa seperti Leo (Messi), Luis (Suarez), (Andres) Iniesta, (Gerard) Pique, (Sergio) Busquets, dan para pemain hebat lainnya."

Ucapan Selamat Tinggal dari Klopp

"Ini merupakan hal yang berat karena kami harus mengucapkan salam perpisahan dengan sosok, teman spesial, dan seorang pemain yang fantastis, Philippe Coutinho," kata Juergen Klopp di situs resmi klub.

"Bukan sebuah rahasia bahwa Coutinho sudah ingin pindah sejak Juli lalu. Dia meyakinkan kepada kami bahwa hal inilah yang diinginkannya," tutur pelatih asal Jerman itu. 

Dia mengaku senang bahwa masih bisa menahan Coutinho untuk tidak pergi pada bursa transfer musim panas. Klopp senang karena Coutinho tetap menunjukkan determinasi luar biasa ketika bermain pada paruh pertama Liga Inggris.

Klopp juga meyakinkan kepada suporter bahwa pihak klub sudah berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankan sang pemain. Namun, putusan Coutinho sudah bulat.

"Dia sudah yakin 100 persen dengan putusannya. Pindah ke Barcelona merupakan impiannya dan saya pun yakin bahwa tak ada hal yang bisa menahannya pergi," ujar Klopp.

Gambar yang digunakan FC Barcelona di situs dan media sosial dalam pengumuman transfer Philippe Coutinho.
Gambar yang digunakan FC Barcelona di situs dan media sosial dalam pengumuman transfer Philippe Coutinho.(Twitter @FCBarcelona)
"Suporter pasti kecewa karena harus mengucapkan salam perpisahan untuk pemain spesial. Namun, ini adalah bagian dari kehidupan dan sepak bola. Pemain akan datang dan pergi, tetapi sebagai klub kita tetap kuat," ujar dia.

1 comments


Emoticon Emoticon