May 21, 2017

Perbandingan Trofi Barca dan Madrid Hingga Musim 2015/16

Salah satu hal yang paling mudah diukur atas kesuksesan sebuah klub sepakbola adalah trofi. Meskipun banyak faktor lain, seperti akademi, kondisi keuangan, perilaku para pemain dan legenda, Trofi tetaplah perhitungan yang paling valid karena tidak ada unsure subyektif di dalamnya. Berikut adalah perbandingan trofi antara Barca dan Madrid sebagai sebuah rujukan untuk menilai dimana kelebihan klub masing – masing.

Kompetisi Domestik

La Liga

La liga adalah kompetisi utama liga kasta tertinggi di spanyol. Di ajang ini Barca berhasil merebut 24 trofi, masih tertinggal dari Madrid dengan 32 trofi. Madrid pemegang rekor terbanyak di ajang ini.

Copa Del Rey

Copa Del Rey adalah kejuaraan dengan system gugur yang diikuti oleh seluruh peserta liga spanyol dari berbagai kasta. Kejuaraan ini umum disebut dengan piala raja, sebagai perbandingan di Inggris kejuaraan ini setara piala FA, di Italia setara dengan Coppa Italia dan di Jerman setara dengan DFB Pokal. Barca sudah meraih 28 trofi diajang ini meninggalkan Real Madrid dengan 19 trofi. Barca juga pemegang rekor trofi terbanyak di ajang ini.

Supercopa De Espana

Ini adalah kejuaraan yang mempertemukan juara la liga musim sebelumnya dengan juara copa del rey musim sebelumnya. Di Inggris terkenal dengan community shield atau super italia di liga italia. Barca merengkuh 11 tropi dan Madrid 9 tropi. Barca pemegang rekor trofi terbanyak ajang ini.

Copa De La Liga

Turnamen ini hanya berlangsung selama 4 musim mulai 1982 hingga 1986. Formatnya sama dengan Copa Del Rey hanya saja dibedakan antar masing – masing kasta la liga. Tahun pertama hanya diikuti oleh klub di kasta tertinggi, tahun berikutnya diikuti klub kasta tertinggi plus juara di masing – masing kasta. Barca meraih 2 trofi diajang ini sementara Madrid 1 trofi. Barca masih menjadi pemegang rekor trofi terbanyak di ajang ini.

Copa Eva Duarte

Sebelum dikenal dengan Supercopa De Espana, inilah nama turnamen tersebut. Barca unggul dengan 3 trofi berbanding dengan 1 trofi milik Madrid. Barca juga menjadi pemegang rekor trofi terbanyak di ajang ini
Secara keseluruhan Barca hingga musim 2015/16 ini sudah mengkoleksi 68 trofi domestik. Sementara rival abadi mereka Real Madrid sudah mengkoleksi 62 trofi. Dengan demikian Barca unggul 6 trofi domestik terhadap rivalnya itu.

Kompetisi Eropa

UEFA Champions League (UCL)

Trofi ini adalah yang paling bergengsi di eropa, hal ini karena inilah tempat bertemunya para juara di liga besar eropa. Awalnya kompetisi ini hanya berisi juara masing – masing liga dengan format turnamen. Seiring waktu berjalan sejak musim 1992/93 berubah menjadi format liga dan diikuti oleh juara liga dan beberapa posisi dibawahnya untuk liga papan atas eropa. Barca berhasil meraih trofi ini sebanyak 5 kali, sedangkan Real Madrid masih memegang rekor trofi terbanyak dengan 11 kali

UEFA European League (UEL)

Dulu kejuaraan ini bernama UEFA cup, berisi klub – klub dari liga eropa yang berposisi runner up dan terkadang untuk liga tertentu posisi ketiga berhak mengikuti ini. Seiring waktu berjalan formatnya yang semula turnamen diubah menjadi liga mengikuti format liga champions. Barca belum pernah memenangi trofi ini sementara Madrid sudah memenangi 2 kali.

UEFA Supercup

Turnamen ini mempertemukan juara liga champions dengan liga eropa. Barca berhasil menjuarai trofi ini sebanyak 5 kali sementara Madrid memanangi sebanyak 2x. Barca bersama Milan adalah pemenang terbanyak ajang ini dengan 5 kali.

UEFA Cup Winners Cup

Turnamen ini merupakan kejuaran antar pemenang piala/cup di liga besar eropa. Juara Copa Del Rey, Juara FA Cup, Juara Coppa Italia akan tampil di ajang ini. Kompetisi ini dihapuskan oleh UEFA dan dianggap dijadikan satu dengan liga eropa. Kompetisi ini terakhir kali diadakan musim 1998/99. Barca sudah memiliki 4 trofi ini sekaligus menjadi pemegang rekor trofi terbanyak di ajang ini sementara Madrid belum pernah memenangi kejuaraan ini.

Inter Cities Fairs Cup

Sebelum ada UEFA Cup (saat ini Euro League) FIFA pernah membentuk kompetisi ini dimana terisi dari kumpulan posisi kedua dan ketiga di liga besar eropa. Barca berhasil meraih 3 trofi diajang ini sementara Madrid belum pernah. Barca juga masih pemegang rekor pemilik trofi terbanyak di ajang ini. Mengingat ajang ini tidak dilaksanakan oleh UEFA, untuk saat ini UEFA belum mengakui ajang ini sebagai torehan gelar di eropa, sementara FIFA tetap menganggap ajang ini merupakan torehan juara di level eropa.
Secara keseluruhan Barca hingga musim 2015/16 ini sudah mengkoleksi 17 trofi eropa. Sementara rival abadi mereka Real Madrid sudah mengkoleksi 15 trofi. Dengan demikian Barca unggul 2 trofi eropa terhadap rivalnya itu.

Kompetisi Dunia

FIFA Club World Championship

Turnamen ini sejujurnya adalah trofi tertinggi di level klub, hal ini disebabkan klub yang mengikuti turnamen ini dipastikan merupakan yang terbaik di benua masing – masing. Juara liga champions eropa, amerika selatan, afrika dan lainnya akan bertemu disini. Sayang formatnya yang terlalu simple membuat turnamen ini seperti kurang bergengsi. Barca berhasil meraih 3 trofi diajang ini sementara Madrid baru 1 kali.

Intercontinental Cup

Sebelum lahir FIFA CWC, ini adalah trofi yang mempertemukan juara liga champions dan juara copa libertadores (amerika latin). Dengan pertimbangan dua benua ini adalah yang terkuat di dunia maka Intercontinental Cup dipandang sebagai trofi tertinggi meskipun tidak melibatkan seluruh benua seperti FIFA CWC. Barca belum pernah menjuarai trofi ini sementara Madrid unggul dengan 3 trofi. Kejuaraan ini resmi berakhir pada tahun 2004 yang kemudian digantikan FIFA CWC.
Secara keseluruhan Barca hingga musim 2015/16 ini sudah mengkoleksi 3 trofi dunia. Sementara rival abadi mereka Real Madrid sudah mengkoleksi 4 trofi. Dengan demikian Barca tertinggal 1 trofi dunia terhadap rivalnya itu. Namun demikian perlu dipertimbangkan bahwa format Intercontinental hanya mempertemukan klub dari Eropa dengan Amerika Latin, meskipun ini yang terbaik namun tetap berbeda dengan FIFA CWC yang berisi seluruh dunia layaknya piala dunia.

Kesimpulan

Secara keseluruhan Barca sudah mengkoleksi 88 trofi secara keseluruhan sementara rival mereka Madrid sudah mengkoleksi 81 trofi. Berdasarkan data diatas maka Barca masing unggul 7 trofi atas Madrid per cut off musim 2015/16.
Sebagai informasi tambahan, terkadang ada beberapa media yang memperhitungkan trofi domestik yaitu Copa de oro argentina dimana Barca memenangi 1 trofi, selain itu ada Latin Cup (antar klub eropa khusus Spanyol, Portugal, Prancis dan Italia) baik Barca maupun Madrid mengkoleksi 2 trofi. Atas kondisi ini terkadang ada yang menyebutkan jumlah trofi Barca lebih dari 88 namun seharusnya tidak lebih dari 91. Sementara Madrid berubah menjadi 83 trofi. Kedua trofi ini tidak diakui sebagai trofi resmi baik oleh LFP, UEFA maupun FIFA sehingga tidak perlu dimasukkan oleh perhitungan versi penulis.
Real Madrid mungkin sangat berjaya di liga champions dan la liga namun demikian Barca memiliki gelar yang lebih banyak secara keseluruhan dan jangan lupa Barca pernah dua kali menorehkan treble winners dan Barca klub satu – satunya di eropa yang mampu meraihnya 2x. Setiap kesuksesan memiliki kesulitan masing – masing. Liga Champions memang paling yang bergengsi tapi meraih treble winners menurut subyektifitas penulis adalah yang tersulit dilakukan karena baru bisa dilakukan oleh 7 klub eropa (dan hanya barca yang bisa 2x treble winners) sementara pemenang liga champions sudah dimiliki lebih dari 20 klub.

1 comments

dan hanya real madrid yang bisa back to back di cahmpions dan super eropa


Emoticon Emoticon