Jan 24, 2016

Profil Luis Suarez, Drakula yang haus Gol

KilasBarca - Profil Luis Suarez. Luis Alberto Suárez Díaz  atau Luis Suarez ini lahir tanggal 24 Januari 1987 di Salto, Uruguay. Dia merupakan anak ke-4 dari 7 bersaudara. Dia pindah bersama keluarganya ke Montevideo ketika masih berusia 7 tahun.  Orangtuanya cerai saat Suarez kecil berumur 9 tahun. Ketika Suarez berusia 11 tahun,  Ia diundang ke sebuah kamp pemuda nasional pelatihan tim sepak bola. Namun ia harus menolak tawaran itu karena tidak mampu membeli sepatu bola. Saudaranya Paolo Suárez juga merupakan pemain sepak bola profesional yang bermain untuk Isidro Metapan di El Salvador. Pada tahun 2009, ia menikah dengan pacar masa kecilnya, Sofia Balbi, dan mereka memiliki dua anak, Delfina dan benjamin.
profil luis suarez
luis Suarez (via fcbarcelona.com)

Perjalanan Karir Sepakbola Suarez

Nacional de Football

Perjalanan karir sepakbola Junior si Suarez ini dimulai di sebuah klub bernama Nacional de Football  di Montevideo pada usianya yang masih 14 tahun. Suarez bermain disana sampai tahun 2003 hingga 2005. Pada tahun 2004, Suarez pernah terkena kartu merah karna menanduk pemain lawan (mode Zidane, hihihi). Sebelumnya, Suarez ketahuan minum-minum dan berpesta. Suarez pun kena ancam sama pelatih, tidak akan dimainkan lagi kalau masih gak serius bermain bola. 
ada bulan Mei 2005, pada usia 18, ia membuat debut tim pertama Nacional kala melawan SMP de Barranquilla di ajang Copa Libertadores. Suarez mencetak gol pertamanya pada bulan September 2005 dan membantu Nacional memenangkan Liga Uruguay musim 2005-06. Total 10 gol dalam 27 pertandingan dibukukan olehnya di klub itu.

Groningen, Belanda

Kemudian dibeli oleh klub Groningen, Belanda seharga € 800.000. Pada saat itu usianya baru 19 tahun. Suarez senang kali bisa pergi ke Eropa, karna pacarnya, Sofia balbi (sekarang sudah menjadi istri ) saat itu telah pindah ke Barcelona. Suarez sudah menjalani hubungan LDR(long distance Relationship) selama setahun. Pindah ke Eropa membuat Suarez bisa lebih dekat dengan Sofia. 
Pada awalnya, Suarez mendapatkan kesulitan saat pertama kali bermain di Eropa. Suarez tidak mengerti bahasa belanda atau inggris. Suarez harus bermain di tim kedua untuk menyesuaikan permainan. Rekan tim Suarez kala itu yang se-tanah air, Bruno Silva membantunya untuk tinggal di Belanda. Suarez belajar keras untuk mempelajari bahasa Belanda dan Inggris. Suárez mencetak 10 gol dalam 29 penampilannya di liga dan membantu Groningen finish di posisi kedelapan liga Eredivisie musim 2006-07.

Ajax Amsterdam

Melihat penampilan apik Suarez di Groningen, Ajax berniat memboyong Suarez. Ajax membeli Suarez dengan harga € 7,5 juta dengan kontrak selama lima tahun pada musim 2007-08. Di Ajax Amsterdam, Suarez mulai menunjukkan taringnya sebagai srtiker haus darah. Di musim 2009-2010 Suarez menjadi top skor di Eredivisie dengan 35 gol dalam 33 pertandingan dan total 49 gol di semua kompetisi dan membawa Ajax lolos ke Liga Champions. Suarez menjadi Dutch Footballer of the Year 2 tahun berturut-turut.
Pada November 2010, Suarez ketahuan menggigit pemain PSV, Otman bakkal di bahu. Suarez dikenakan skor 7 laga oleh KNVB dan sejumlah denda. Suarez sampai dijuluki "Cannibal of Ajax" oleh harian The De Telegraaf. Selama hukuman suarez, Ajax melakukan kontak dengan sejumlah klub Inggris. Ajax pun mencapai kesepakatan dengan Liverpool. Pada tanggal 28 Januari 2011, Ajax menerima tawaran  dari Liverpool sehagra € 26.500.000 (£ 22,8 juta) untuk Suarez. Kesepakatan pun terjadi. Suarez resmi menjadi milik the Reds.
Suarez mengakhiri petualangannya di Ajax dengan mencetak 111 gol dalam 159 penampilan. Suarez diakui sebagai legenda oleh Ajax.

Liverpool

Suarez menandatangani kontrak selama 5 tahun untuk Liverpool. Suarez merupakan pembelian Liverpool termahal (£ 22,8 juta). Pada musim pertamanya di Liverpool, Suarez hanya menceta 11 gol dan Liverpool finish di posisi ke 8 klasemen BPL. Musim itu juga Suarez bertingkah. Kasus Rasisme nya dengan Pattrick Evra kontra Man. United pada bulan Oktober. Suarez diskorsing delapan pertandingan dan denda £ 40.000. Di Anfield, evolusinya tak terhentikan. Raihan golnya terus meningkat bersama tim, menduduki peringkat teratas di Liga Premier sejak 24 tahun terakhir. Puncaknya adalah raihan 31 gol dalam 33 laga di musim terakhir bersama Liverpool yang membuatnya menjadi top skor kedua di Liga Premier dan memenangi penghargaan Sepatu Emas yang pertama, berbagi dengan Cristiano Ronaldo.
Saat menjadi pemain Liverpool, Suarez juga lagi-lagi ketauan menggigit bek Italia, Giorgio Chiellini, pada menit ke-79, laga Grup D Piala Dunia, di Estadio Das Dunas di ajang Piala Dunia. Komite Disiplin FIFA menjatuhkan sanksi larangan bermain kepada penyerang Uruguay. Sanksi itu berupa larangan tampil di ajang internasional selama sembilan pertandingan, larangan terlibat dalam semua kegiatan sepak bola selama empat bulan, dan denda 66.000 poundsterling atau sekitar Rp 1,4 miliar.

FC Barcelona

Suarez diboyong Barcelona dari Liverpool pada trasnfer musim panas (Agustus) tahun 2014 lalu. Penampilan apiknya di Liverpool kala itu membuat Barca kepincut. Barca merekrut pemain berdarah Uruguay itu dengan bandrol seharga € 85.000.000 dan kontrak selama 5 tahun. Luis bermain sebagai penyerang tengah Barcelona dengan nomor punggung 9 (sembilan) menemani Lionel Messi dan Neymar JR di posisi serangan. Debut pertama Suarez di Barcelona terjadi pada Laga ElClasico (25 November 2014), setelah sebelumnya menjalani hukuman larangan bermain akibat menggigit Chellini di ajang piala dunia. Pada debutnya di Elclasico tersebut, Suarez memberikan 1 assists. Namun, assists nya tersebut gak membantu Barca menangkan laga. 
Bersama Messi dan Neymar, Suarez menjadi striker mengerikan bagi lawannya. pada musim perdananya di Barcelona, Suarez berhasil membantu Barca mendapatkan 5 Trophy(Laliga, CdR, Liga Champions, Piala Dunia Antar Klub, Super Cup Eropa).

Timnas Uruguay

Luis Suarez juga seorang pemain andalan Uruguay. Penyerang ini membawa tim “Charruas” meraih gelar Copa America tahun 2011, dimana dirinya juga dinobatkan sebagai pemain terbaik sepanjang turnamen. Bersama Diego Forlan dan Edinson Cavani, kehadiran dirinya sangat diandalkan oleh timnya untuk bermain di laga semifinal Piala Dunia 2010.

Nama Lengkap : Luis Alberto Suárez Díaz 
Tempat Lahir : Salto (Uruguay)
Tanggal Lahir : 24 Januari 1987
Berat Badan : 85 Kg
Tinggi Badan : 182 CM
Posisi : PenyerangTengah
No. Punggung : 9
Karir Klub Junior    :   2003-2005 Nacional
Karir Klub Senior : 2005-2006 Nacional
2006-2007 Groningen
2007-2011 Ajax Amsterdam
2011-2014 Liverpool
2014-         Barcelona
Karir Tim Nasional : 2007 Uruguay U-20
2007 Uruguay (Timnas Senior)

okee itu aja yang mimin share ya - Profil Luis Suarez . semoga bisa membuat kalian senang. Jangan lupa pantengin twitter @kilasbarca untuk berita barca terupdate. Dan follow akun instagram kilasbarca di www.instagram.com/kilasbarca untuk foto dan video eklusif Barcelona. Salam #ViscaBarca

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki
http://www.fcbarcelona.com


Emoticon Emoticon