Oct 18, 2014

Sejarah Fc Barcelona

sejarah fc barcelona
Barcaaaaa!
KilasBarca - Sejarah Barcelona ~ FC Barcelona merupakan Klub yang didirikan oleh 12 orang yang dipimpin Joan Gamper pada tanggal 29 Nopember 1899 di Katalonia. Awal mulanya, Joan Gamper yang nama asli nya Hans Gamper ini dulu pemain bola di FC Basel Swiss. Suatu hari, tahun 1898 ia pergi ke Catalan untuk menemui pamannya sekaligus menjalankan bisnis gulanya. Keindahan kota catalan membuatnya ingin tinggal di kota itu. Kemudian terlintas dibenaknya untuk membangun sebuah klub bola. 
22 Oktober 1899 adalah salah satu hari bersejarah FC Barcelona. Pada hari itu, Joan Gamper memasang iklan di Majalah Los Deportes yang menyatakan bahwa dia ingin membuat klub sepakbola. Respon positif muncul. Beberapa orang yang mempunyai inisiatif yang sama ini kemudian mengadakan sebuah pertemuan di Gimnasio SolĂ© pada 29 November. Nah, pada hari itulah FC Barcelona lahir. Para pendiri Blaugrana terdiri dari penggemar bola asal Swiss, Inggris dan Spanyol. 
Banyak orang berpendapat, karena pendiri FC Barcelona adalah mantan kapten FC Basel, logo dan jersey Barca jadi terinspirasi dari logo FC Basel. Kedua logo itu memang tampak mirip. Dua-duanya mencerminkan sebuah tameng. Dua-duanya memakai tiga warna dominan, kuning emas, merah, dan biru.


Barca di Era Kediktatoran Spanyol

Klub ini mempunyai motto 'El Barca Es Mas Que Un Club' artinya Barcelona bukanlah hanya sekedar klub, Barcelona merupakan cerminan sikap politik sayap kiri Spanyol, sikap kaum tertindas, sebuah bangsa (Katalonia) yang hanya akan menjadi bagian dari sebuah negara.



Melalui Barcelona inilah orang Catalonia ingin menunjukkan kelebihan mereka dari penjajah Spanyol. Terutama jika klub ini berhadapan dengan Real Madrid, yang sejak tahun 1930-an jamannya Jendral Franco merupakan klub favorit pemerintah Spanyol, klub ini mempunyai semboyan 'Boleh kalah dengan klub lain, asal tidak dengan Real Madrid'.



Manuel Vazquez Montalban, seorang penulis terkenal dari Spanyol menyebutkan, Barcelona sebagai senjata pamungkas bagi sebuah bangsa tanpa negara.



Karena misi yang dianggap suci oleh orang Catalonia itulah, Barcelona selalu menjaga kemurnian tujuan klub. Mereka tidak mau disamakan dengan klub lain, dan tidak mau tunduk dengan nilai-nilai komersial. Karena itulah sampai sekarang Barcelona merupakan satu-satunya klub yang tidak mengijinkan kostumnya dipasangi iklan.



Barcelona merupakan satu-satunya klub di Eropa yang presidennya dipilih oleh pemegang tiket musiman (pendukung paling murni), bukan pula oleh dewan direktur dan bukan pemegang modal. Calon Presiden klub berdebat di televisi, berkampanye mengajukan program layaknya pemilihan Presiden sebuah negara.



Klub ini dijuluki 'Barca' dan 'Los Azulgranas' karena berkostum warna biru dan merah tua, yang konon warna biru merah secara sengaja diambil dari bendera Prancis sebagai bentuk perlawanan terhadap pemerintahan Spanyol di Madrid.



Klub ini juga pernah dihuni pemain-pemain kelas dunia seperti: Johan Cruyff, Maradona, Ronald Koeman, Gary Lineker, Rivaldo, Josep "Pep" Guardioal, Hristo Stoickov, Diego Maradona....dan beberapa pemain seperti Luis Figo, Figo kemudian menjadi pemain yang sangat dibenci oleh pendukung Barcelona karena berkhianat ke rival abadi Real Madrid, pelemparan kepala babi dari karet padanya menggambarkan kebencian itu.



Hymne Barcelona






Galeri Foto:

Copa Del Rey 2011

UCL Winner 2009

2009 UCL



semoga menambah kecintaan anda pada klub ini.

#ViscaBarca


Emoticon Emoticon